Rabu, 04 Agustus 2010

= Mathar Moehammad: PESAN PENDEK BANG H.RIDUAN SAIDI (REVISI-1)


PESAN PENDEK BANG H.RIDUAN SAIDI (REVISI-1)
Sunday, July 25, 2010 at 9:44pm

PENGANTER SAYE

Gak ade orang Betawi yang bisa nyaingin bang haji Riduan Saidi dalem urusan pesan singkat (sma). Kalo ngirim sms ke saye,kayak dosen kasih 1 paket kuliah,panjng dan berisi. Apelagi kalo atinye lagi jembar, mangkinan kentara sumanget beramal kasi ilmu pengetahuan kepada saye. Keliatan banget die ikhlas. Pan,bang aji Riduan dikenal sebage sejarahwan ame budayawan betawi ame melayu. Beruntung banget saye dikirimin sms nyang isinye kayak nyimpulin 2-3 buku pelajaran tiap sms
Ibarat belajar jarak jau, saye merase sangat beruntiung banget. Hatte tu pesen pas nyampe bikin hape saye bebunyi kayak rentetan petasan, tetep saye demen. Pokoknye,gaye serius,ngocak,nyindir,marah, semua campur aduk dari semue sms-nye. Luar biasa.

Bekenaan saye lagi ngulik sejare sual Fatahillah,Labuhan Kalapa, Wak Item dan koreksi tanggal 22 Juni nyang jadi HUT Jakarta, sebagai perjalanan sejare orang-orang Betawi. Maklum aje,saye yang rada tolol kudu wajib nyari tambahan literature buat ngelengkapi argumentasi dalam rangka pembuktian sejarah yang salah. Kalo saye yang lagi TELMI,bang aji nyindir dan bahkan nyemprot ame kate-kate gaya khasnye. Khususnye kalu saye ngebalikin jawaban sms-nye gak pas menurut bang aji.

Biar kate die gak ngakuin,saye tetep aje merase sebagai murid beliau. Buktinye die tetep dan selalu,ampir tiap malem ngirim sms nyang isinye informasi pengetahuan sejarah. Bang aji juga ngelayanin sms-sms saye yang rada naïf,selaen masih terus ngelayanin pertanyaan atawa sanggahan saye. Saye tulis semue sms bang haji supaye ade nyang mau ngambil hikmah tentang sosok & pemikiran bang aji Riduan Saidi sebage sejarahwan dan budaawan Betawi ame Melayu. Mangkenye saye mulain dari sms pertamenye nyang bikin saye tambah sumanget :

SMS Nyang Pertame :
Ilmu kayak cewe, kudu dikejar untuk mendapatkannya. Siape nyang kuat dan tekun mengejar pasti dapati ajaib. Selama ini argument depan mata ga terlihat. Mak saya bilang kalo cuman goyang lontar (diem aje) biar bulu kethek cine, lu gak dapet. Ilmu kayak rejeki, dapet satu laen-laen nyusul. Nyang susah dapetin yang pertame (RS : 16/05/2010 : 20.59.59)

SMS Nyang Kedua :
Kate orang Betawi, orang mati ga same ame kedebongan pisang. Kalo kite mencari kebenaran sejarah, fadhilahnye sejuta kali lebi hebat dari khaul memulihkan nama tokoh yang selama ratusan taon jadi korban sejarah. Misal : wak Item, Jenar.
Niscaya amalan yang jadi washilah yang akan menolong kita segala urusan atas ijin Tuhan. Jayakarta=>Jacatra (1619)=>Batavia(1620)=>Jakarta yang diresmiin Jepang 1943. Tanggal bole suka-suka. Ide bagus kalo ade nyang mau tetapin HUT Jakarta baru. (RS : 17/5/2010 : 20.09.12)
Catetan saye : Ini berkaitan dengan tulisan saye tentang 22 Juni Bukan HUT Jakarta.

SMS Nyang Ketige :
Saya dapat koreksi kawan saya yang faham bahasa Sunda Kawi, katanya palatehan itu percikan api. Saya terima pendapat ini sebage sikap sekarang saya anut. Artinya dijuluki Fatahillah “pemercik api” karena bakan Betawi. Porto tulis fatahillah sebage palatehan, patut diduga dengan kesadaran palatehan bukan tokoh yang disukai di Betawi (RS :17/5/2010 : 23.37.26)

SMS Nyang Keempat :
Wawasan aji Mantari diperkirakan ditulis setelah penyerbuan Labuhan Kalapa sebelum VOC, menyebut ni negeri Betawi. Sang penulis saking marahnya karena negeri Betawi dirampas dan dirusak, katakana negeri Betawi sudah jadi “kota tai”. Julukan ini terkenal oleh mahluq Mimin Saleh diplintir jadi Betawi = bau tai…bukan !!
Ini kota jadi “kota tai” ditangan palatehan. Ribuan rumah yang die baker puluan taon gak diurus. Ahkmad Djaketra, pengganti Tubagus Angke, rendahin mualim-mualim Betawi (hikayat Tumenggung Al Wazir). Banten marah, Jakatra di-re call pas serangan VOC. Jayakarta langsung dibawah Banten. Mereka ngacir ngulonin. Betawi lengkong megatin mereka, ratusan mereka mati. Yang restan jadi kang minta minta bawa-bawa batok… persaben. (RS :17/5/2010 : 23.37.27)

SMS Nyang Kelima :
Sosok Wak Item, sumber out of space dan Babad Cirebon :
1. Dari photo salah satu sudutr Musium Bahari, ia kepotret badan dedek bermahkota emas (pas babad Cirebon). Tingi 162, kulit bersih, sarung golok mas beroda, telanjang dada, besebret batik.
2. Istri 3 : Betawi, Cina dan Porto. Karenanya dia bias bahasa Porto, dia penterjemah negoisasi ama Porto. Saat wafat kira-kira 34 – 40 taon.
3. Wak Item julukan (Wak Jago) aliran pencak silat Xabandar mengacu ke dia.
4. Asli Mandi Rancan (pasar ikan)
5. Sehari-hari dengan 20 staf pengawal pimpin pabeyaan (museum Bahari)
Saat serbuan palatehan baker dulu Mandi Rancan malam, tur Pabeyaan, sampe bangkrut tempat yang angus dibiarkan. Mandi rancan dibeli ameVOC (Jl.Kakap) Jayakarta lokasinya di Hotel Omni Batavia (RS:18/5/2010 : 07.42.09)

SMS Nyang Keenem:
Guru Marsan salah satu tokoh masyarakat Betawi dari Tangerang nyimpan golok panjang yang pernah dipake gorok leher tentara Palatehan. Die bilang Cuma haji Riduan nyang bisa nyimpen. Di rumah nginep 10 taon. Sekarang saya titip di museum Pitung Marunda. Yang dibilang bendera Jayakarta itu wafaq orang jatinegara kaum yang mengaku keturunan Pangeran Jayakarta. Padahal mereka eks kuli tebang puun abad XVIII di Cinanegara /Jatinegara. (RS : 18/6/2010 : 08.00.23)

SMS SeorangSahabat buat Riduan Saidi.
Cam, ente kan Betawi tenga, Mentengan pan. Ane water. Umpama DNA ente dikeker haplotype ente ngandung unsur-unsur kedekatan ame gen Yesus. Ana juga sih. Pereksa gen ambil garis emak. Internasional gituh. IPB ude test Betawi DKI ama Bekasi sample 52 kantong pemukiman. Hasilnye kite-kite geneaologis terdekat ke Melayu, dekat ke Sunda, cam (harap jantung ente kagak coplok)
Kalo melayu garis gen Egyptio-Hebrew->Ceylon->Champa->Sumatera->BETOKAW-> Tasik Malaya(Kampung Melayu). Garis ini namanya Yudea-Malayalam.Dalam daghregister 2/7/1541 ada laporan Da Silva,orang Porto. Dia kata di Karawang dekat Tanjung Pura ada Tasik Malaya (Kampung Melayu Betawi) dibawah kerajaan Yudea Carti, Rajenye Ki Agas Kintal. Ini Batujaya. Ana sering kesini. Ini dare kite (RS :18/5/2010 : 10.15.46)

SMS Laennye-1 :
Kompleks agama Batujaya abad II SM ada kata PITAWI=kota larangan/forbidden city. Ada kerajaan terdekat, Syalakanegara yang berdiri taon 130 M. Dalam Mandala Judeo-Malayalam, nama suku, kerajaan mengacu pada agryppa (bunga), seperti : Champa, Perak (Malaysia), Syalaka. Ada yang bermakna leluhur sepeti Sabak (Jambi), Sabah (Malaysia), keduanya dibaca Saba’. Judeo-Malayalam, peradaban pra-Hindu Budha dikawasan tersebut. Peradaban ini mempertemukan entitasa Asia Barat, Egypt, Brahmansme, Melayu dan Polynesia. Migrasi Judeo-Egypt akibat kampanye militer Alexander The Great (IIISM). Migrasi sebelumnya dimasa Exiled Babylon (V SM). Peradaban ini bertahan sampai IV SM. Jejaknya dikawasab adalah dialek lokal.
Sumbangan peradaban tokoh spiritual besar (lahir IV SM) sebutannya OWLOH (Champa, Pesisir utara DKI, Jabar, Jateng, Binthuan/Bintuhan-Vietnam/Bengkul, dibata raja (Tapanuli). Babad Tanah Jawa ditulis pasca jatuhny Majapahit (1476) : “Para sayyid akeh kang tumeka ing tanah Jawa, manggon ing tandes, gede kramate, nganti lumebering Bali, Banten, Betawi, Cirebon, Benang lan liya liayanne”.

VOC ganti nama Jacatra dengan Batavie 1628 at least 128 taon setelah Babad sebut Betawi. Jadi Betawi bukan dari Batavie. Kata Babad Tanjung Jaya, sebelum Sunan Gunung Jati dating ke Cirebon, di wilayah Pajajaran sudah banyak yang masuk Islam. Jadi TIDAK BENAR alasan Gunung Jati perintahkan Fatahillah SERBU Kalapa dengan alasan Islamisasi.
Tagaril dianggap nama laen dari Fatahillah versi Porto, sebenarnya ejeken orang2 Melayu Betawi pada dia. Orang Sunda mengejeknya Palatehan=pemercik api. Betawi ledek “TAKARIRI” dari Melayu Polynesia Purba artinya Pembawa Amarah. Porto mengeja Tagaril
(RS : 18/05/2010 : 11.00.05)

SMS Laennye-2 :
Orang kayak Heuken langsung godek ama sumber-sumber local. Metode perekamandata wawacan (sumber local sunda) sama ama PerjanjianLama yang baru ditulis 19 abad kemudian setelah selama ini peristiwa dipelihara sebagai data relevata. Ia heran, Ziu Sudra jadi Noah, tapipokok peristiwa sama Wawacan Aji Mantra yang paling banyak berkisah tentang peristiwa 22 Juni 1527 yang ditulis menjelang keambrukan Jakarta. Ada tenggat sekitar 50 taon. Ini didustakan Heuken. Akhir kerajan Syalakanagara IV M, Wangsakerta XVII M,terpaut 13 abad. Bandingkan dengan Perjanjian Lama yang terpaut 19 abad terhitung kejadian 2908 SM. Sulit saya bisa respek ke peminat2 sejarah kayak Heuken atau arkeolog kayak Sedyowati. Paling2 kalo diadu ama mereka,yang udah-udah saya gebukin (RS :19/5/2010 : 14.58.31)

Mbah Priok meninggal taunye taon belasan abad 20, Tiga pulu taon setelah haven Priok dibuka. Unur Gesang 10 taon. Dayung ditancep jadi puun tanjung dan si Mbah Priok suka bawa-bawa priuk kesana kemari, jadi kisah kosong. Paling-paling juru da’wah. Melayu-melayu udah Islam setidaknya 4 abad sebelon si Mbah dilahirkan. Si mbah dilupain orang, padalah peristiwanya belon dua bulan. Persoalan sejarah dan budaya selesai. Tinggal hukum yang menyangkut soal tanah. (RS : 22/05/2010 : 22.18.34)

Kasus mbah Priok beri pelajaran penting. Pejuang-pejuang “mbah” crossed batas-batas sensitifitas penduduk asli. To some what so called aspirasi Islam belum mampu. Pejuang-pejuang mbah hadapi ini sual ke-Indonesiaan fungsi sigma local genus. Dalam ruang ini pula Palatehan digugat kewenangannye sebage orang asing yang campuri kebijakan kerajaan Sunda Pajajaran. Atas nama apapun itu dilakukan, Palatehan ga bisa dibenarkan.
(RS : 22/05/2010 : 22.51.13)

Membenam Betawi sebage suku yang gak perne ada lalu munculkan mereka pada abad XVIII sebage keturunan budak merupakan KEJAHATAN AKADEMIK yang dilakukan oleh orang asing/Lance castle (Aussie) dan didukung ahli2 lokal WNI keturunan : Heuken, SJ,ML,YS,J. dalam sensus penduduk 2010 orang-orang ini kesulitan mengindentifikasi diri sebage suku ape. DIantara mereka tentu tanpa malu ada yang sebut dirinya BETAWI. Mo kata suku Jakarta ga ada. Kata orang Betawi, lu makan deh pencarian lu…!!!
(RS : 23/05/2010 : 19.54.00)

Pemimpin formal,mereka ada jabatan tertentu, atau eksistensinye diakui penguasa. Betawi Abad II M, Aki Tirem, 14 abad kemudian Wak Item, Xabandar Kalapa. Jaman Deandels, Bapak Slamat Betawi diangkat Pangeran di arak2. “Sekneg”. Gunseikanbu Jepang 1943 Cuma catet 3 orang Betawi terkemuka dari 300 di Jawa. A.Manaf, Dahlan Sapii dan Muhtar Tamjid, ini tokoh formal. Kalo yang non formal rame, Cuma sejarah secara resmi ga catet. Anak Betawi kudu masup strata formal. Jadi jago ga ada yang bisa liwatin Pitung. Jadi ustad ga bisa liwatin Syekh Juned Betawi. Ilmu…3x, itu koncinya. Kalo cari uang konci uda sukses. Kos2an banyak. (RS :30/5/2010 : 21.39.44)

Ulama Betawi yang hebat Ki Alang, era Achmad Djaketra, jadi raja kali Besar (sekarang Omni Hotel). Ki Alang bisa ajar monyet baca kitab. Satu-satunya ulama Indon yang diangkat jadi Imam Masjid Al Haram, syekh Juned dari Kp.Jembatan 5. Tu orang bedua ga ada lawanlah sampe sekarang. “Sekneg” era Deandels, orang Betawi, Bapa Slama. Gila !! Belande bisa, Perancis oke. Hebat. Pitung oke. Tapi masa “Pitung2an” terus. Aki Tirem bikin kerajaan. Abad II M Kitab Yunani Geographia 161 M catet karya dia. Wak Item 1521 udah diplomat, sebab bisa Porto. Ke Malaka dah dia. Sekarang ngapain kite ?
(RS : 30/5/2010 : 21.59.53)

M. Tahir, 1909, ketua Budi Utomo Veltevreden. Ni Betawi pidato di Kongres BU pake pepata2 Betawi, orang bingung. Tapi dia No.1 ngejerit Betawi sulit ditrima sekola Belanda. Ni Uyut benar, kalo elmu laduni gak ngalain gurunya Naipin. Pitung jadinya cucu murid ke dia. Naipin bisa keluar dari dimensi waktu. Jem ga beroba kalo dia pegi2an. Tapi ni elmu buat apa sekarang ? Anak2nya aja jadi pengarang. (RS : 30/5/2010 : 22.13.29)

Tulisan tentang Cina Benteng kemaren Saptu di KOMPAS hambar. Benteng bukan kastil. Nama puun. Di Ciampea juga ada kampung Benteng. Malaka puun, Koja salam koja, Makasar dulu Bugis. Kp.Makasar di Jaktim sama rumputan. Ambon juga puun segede sengon. Di Parung masing ada, pas di pasar. Kp. Jawa bener ade. Pondok Cina ade. Kampung Melayu 3 : Teluk Naga Mester, Batujaya. Ada Bendungan Melayu ada tanah Melayu. (RS : 31/5/2010 : 19.54.03)

Petojo itu pituju, direction. Kerna ada kali kawin dekat RS Tarakan. Arus aer nyagak. Kp. Bali tempat orang2 Bali? Nehii !! Bali=melingkar. Dari Tenabang Bukit keliatan kayak spiral. Kp.Serani emang bekas orang kresten. Sebelon Belande datang tu Kp. udeh begitu namanye. Nyang ngeri Kp.Gusti. Ini sama juga Kranggan dan Pademangan. Kp.orang pangkat2. Bukan kp.Tuhan . Kp.Tomang? Ini Susah. Sunter ? idem. Rawa Sabung, ? ngeri, dimane ? (RS : 31/5/2010 : 20.10.39)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar