Rabu, 04 Agustus 2010

= PESAN PENDEK BANG H.RIDUAN SAIDI (REVISI-2)



PESAN PENDEK BANG H.RIDUAN SAIDI (REVISI-2)
Sunday, July 25, 2010 at 11:00pm

Tentang ETNOLOGI BETAWI

Ada 3 kemungkinan asal nama Betawi, yang pasti bukan dari Batavia. Betawi sudah disebut dalam Babad Tanah Jawa.
1, Berasal dari kata PITAWI dalam bahasa Melayu Polynesia Purba yang artinya larangan. Mengacu pada kompleks bangunan Ramane leluhur Batujaya.
2. Berasal dari bahasa Melayu Brunei yang artinya GIWANG. Dalam eksavasi Babelan banyak ditemukan giwang.
3. Berasal dari flora cassia glauca familie papillonaceae, yang banyak tumbuh di P.Jawa dan Borneo. Flora jenis lamtoro (cassia) ini disebut GULING BATAWI. DIsebut guling karena kayunya bulat dan mudah diraut. Setidaknya penamaan ini pada masa Bronze III SM-I SM.
Asal Betawi mungkin sekali dari yang ketiga. (RS : 08/06/2010 : 07.34.38)

Dari teori linguistic, vocal akhir “ia” dalam bahasa Betawi tetap diucapkan “ia”. Metafisis konsonan (P,V,F) tetap menjadi (P,V,F). “b” tak pernah menjadi “w”. Maka tak mungkin Batavia menjadi Betawi. Ini terjadi karena kedunguan yang bersangatan pakar generasi Muhajir, Abdurrahman Suryomiharjo, R.Moh.Ali. SEKARANG SEGALA KERUSAKAN PEMAHAMAN TENTANG BETAWI YANG MEREKA BUAT HARUS DIBENAHI.
(RS : 08/06/2010 : 09.01.38)

Metafisis perubahan kata dalam ucapan Bates=> Wates. B jadi W. Cobek jadi Cowek. Tapi (P,V,F) gak pernah jadi W. Paku bukan Waku. Mustahil Batavie jadi Betawia=>Betawi. Berdasarkan teori linguistic BATAVIA ga bisa jadi BETAWI. Arab gundulnya dalam naskah lama => BA-TA-FA-ALIF-YA. Sedangkan dalam arab gundulnya Betawi terdiri dari : BA-TA-WAW-ALIF-YA. Semua naskah kuno Betawi dalam Arab gundul. Tidak dalam palawa. Arab Gundul baru dipake awal abad XVI (tanda tangan Wak Item). Bukti lain belum ditemukan. Naskah-naskah Sunda tentang Betawi dari Abad XIX mereka sebut ini negeri Kalapa. Naskah tua (abad XV – XVI) yang sebut negeri Betawi cuma Babad Tanah Jawa. Rupanya sebutan Betawi meluas jelang VOC-1619, mulai dipake oleh orang-orang belah timur baru ke tengah.
(RS : 08/06/2010 : 19.13.16)

Suku bangsa soal etnologis. Biologis bicara dulu baru tradisi. DNA mutlak suku bangsa Betawi adalah melayu. Bukan Melayu bukan Betawi. Ini Etnologi. Kalo untuk gaul, Putin, Hugo Chavez, Bang Ki Moon, Kim Jo Il, Monalahonda, Heuken,Lance Castle, Alwi Shahab, David Kwo, bole-bole aje dibilang Betawi. KALO BICARA ETNOLOGI BETAWI ITU MELAYU.
(RS : 09/06/2010 : 21.54.59)

Betawi urus diri sendiri bereskan makna Betawi dalam konteks etnologi. Haplotype Betawi jelas mengandung lebi banyak migrasi melayu walau terdapat juga migrasi Sunda. DNA Betawi mengandung chromosom2 yang tendensinya dapat diformula. Cina, Arab, Jerman, Aussie, yang disini mo ngaku apa, bukan urusan Betawi dan suku-suku bangsa Indonesia, itu urusan mereka. Ngaku apa saja dalam arti gaul find-find lah. Dalam arti etnologis op dulu. Ada metodologinya. Bukan ehwal setuju off niet. Ini urusan elmu. (RS : 09/06/2010 : 22.06.05)

Kalo demi pergaulan mo bilang Yasmine, Alwi & Ali Shahab Betawi oke2 aja. Idem David Kwo, Monalahonda, juga Lance Castle, oke, Betawikan-lah, tapi demi gaul. Bukan etnologi. Osama bin Laden, Baader Meinhoff dibilang Betawi, bilang aja, tapi bukan etnologi.
(RS : 10/06/2010 : 08.40.30)

TENTANG MELAYU BETAWI

Siapa pernah dengan Ayun Ambing Nyi Mas Saodah, Figurku Tutty Daulay, Cente Manis oleh Iroh. Ini semua RINTIH Egypt. Rintih (bahasa Egypt) bukan Hymn atau Psalm, tapi nyambat. Ini tak dikenal dalam tradisi Arabian Desert. Orang Malayalam sebut Ghazal, tembang Jawanya Nyi Condrolukito, Minang saluang. Pribumi Indon ashlei sudah punya nyanyi ribuan taon sebelum kedatangan Cina,Portugis, Gujarat, Belanda, Inggris, Arab Yaman. Indon dulu bertamadun. (RS : 08/06/2010 : 22.16.35)

Lagu Melayu bukan dari Arab. Arab dan kita ngambil dari music reliji Mesopotamia & Egypt. Rabab pesisir Sumbar 100 % Egypt. Lagu-lagu dalem Gambang Kromong, tembang Cianjuran, Melayu klasik berasal dari RINTIH (Egypt). Sunda sasambatan, Betawi nyambat. Rebab ajeng 100 % Mesopotamia, juga medouan Campa. Perkusi TAR, Rebana dan Dur (Bengkulu dol) : Gendang dari sono. Ini terjadi dalam silang budaya 2300 taon silan. Routenya : Egypt=>Maladewa=>Cocos Island=>Malabar=>Christmas Island=>Campa=>Sumatera & Malaysia-Jawa bagian barat.
Lagu-lagu Arab Yaman malah baru masup taon 1920an. Egypt kesini cari rempah2 untuk balsam Pharao dan belajar tattoo dari Mentawai. Arab dan Cina jaman kemariin. Tak ikut nge-ASAS peradaban Melayu Betawi. Secara lengkap dibahas dalam buku Ridwan Saidi :”Sejarah Jakarta dan Peradaban Melayu Betawi” (RS : 08/06/2010 : 22.55.11)

The Time of Table History Rockefeller Center : 2500 SM-2000 SM bangsa2 Melayu (include Betawi) dah kenal teknik agrarian modern. Pada masa itu diperkirakan terjadi silang layaran. Melayu-Polynesia vice versa (Reff catatan Gereja di Inggris bangsa Melayu sudah menclok di Peru). Bangsa Polynesia (Maori dan Samoa) telah hinggap di Nusantara dan Campa. Abad VI SM – II SM kedatangan bangsa Egypt di Sumatera dan Jawa (Geographia). Abada III SM kedatangan Yahudi Egypt (Tambo Minang). Strukturisasi ethnographic Betawi berlangsung 27 Abad sampe berdiri Syalakanagara. Susunan Chromosom dalam haplotype Betawi in optima forma. Gak bisa terima migrasi sperma yang ubah geneologi Betawi. Gak terdapat bukti genetic Arab or Cina dalam haplotype Betawi. Secara etnologis, Cina dan Arab gak bias di-Betawi-kan. (RS : 10/06/2010 : 07.55.27)

Dalam era exile from Egypt, Moses pisah dari Jew. Jew kembangkan sendiri agamanya & mitosnya termasuk Ten Commandements. Musa Egypt dipake merek dagang, padahal Judaisme telah menyimpang dari monotheisme Musa yang bukan saja larang gambarkan figure Tuhan, tapi juga kasih nama pada Tuhan. Judaisme lanjut dan buat testament Schema Joesril Adonai Elanahu Adonai Ekhod, tak ada adonai-adonai lain jadi Tuhan kita selain adonai yang satu itu. Itu Jahveh Deotoronomy. Moses jadi Moses Midian dan bertremu pendeta Jethro (Islam Syuaib) dan jadi menantunya. Deotoro Moses dan mertuanya ajarkan terus faham monotheismenya sampai Jew bunuh Musa. Tak jelas nasib Jethro Torah 100 % bikin rabbi-rabbi dan ditulis pada abad 10 SM. Monotheisme Musa jadi “Agama Leluhur” yang kelak sebarannya sampe Indon dan berakar kuat. (RS : 23/06/2010 : 12.19.48)

Maat (baca : Ma’at) bahas Egypt, artinya “thruth of justice”, Kanon, 1358 BC, was an Egyptian Father of Monotheisme, mengaku dirinya Maat. Dalam masa kuasa 17 tahun saja dia bikin sekole igame yang sala satu muridnya Musa. Banyak orang Betawi namanya Ma’at. Ini bukan dari ngomong lebih “amat” tegen (lawan) kata ma’at=> pa’at (curang). Madi pa’at bener. Kajian bahasa Betawi gak akan pernah prima jika tak pelajari Egypt, Hebrew, Maori, dan Samoa. Morfologi berulang zig-zag : srantal-sruntul, lenggak-lenggok, pengaruh Ibrani. Kata lain misalnya nignus, morfologi linear : Nyap-nyap, tete, pepe, pengaruh bahasa Egypt. Te (maori)= yang dimuliakan, tete=yang kasih kesuburan. Pe (Egypt) => mulut. Turun ke bawah pepe (mulut yang lain)
(RS : 23/06/2010 : 14.45.16)

Jago psyicho analisis Sigmund Freud di bukunya MOSES & MONOTHEISME, 1937, bantah Musa adalah Jew. Dalam etomology Hebrew Mosche (ejaan Hebrew)=> si Pembuang apapun. Freud ragukan Ratu Mesir tau etimology. Kata Freud, Moses bahasa Egypt adalah anak. Ra Moses (Rameses) anak ra. Freud kata Moses dibuang ke air bukan berari Nil tapi Wadi. Tradisi Raja buang anak era Mesopotamian. Raja Zargon 2800 SM juga dibuang. Why ? Raja percaya omong dukun, tu anak akelak bahayakan dirinya. Moses anak Pharao, kelak dapat Aman Hotep IV pelopor monotheisme XIV SM dari Dinasti XVIII. Era dinasti XIX agama Egypt balik ke Polytheisme, Jew dihajar, Moses tarik Jew yang agamanya ga jelas ke monotheisme. Era ini Moses yang dibantu Aaron (brother incredo) sering debat Pharao=>exile.
(RS : 26/06/2010 : 11.22.11)

CATETAN SAYE :
Bagi saye keikhlasan bang aji Riduan kirim pesan singkat (SMS) pada saye merupakan anugerah dari Allah Swt. Rasanye kayak belajar jarak jau. Ampir ga ade yang mau ngajarin seperti bang aji Riduan Saidi. Biar kate die gak mau,saye tetep ngerase bang aji Riduan adalah guru saye.
Penguasaan ilmu, khususnye sejare ame budaye Betawi dan Melayu boleh dibilang ampir ga ade tandingannye. Apelagi setelah bang aji Riduan Saidi dijadiin Sejarahwan & Budayawan Betawi dari Universiti Kebangsaan Malaysia.
Gayanye nyang ceplas-ceplos, terbuka dan segar kalo lontarin pemikiran, supaye kite gampang ngerti. Bang aji Riduan tetep begitu dalam gaye pemikiran dan tulisannye. Al Haq, die gak utak-atik logika dan perasaan untuk nyenangin orang atawa dikaitin cumin ame urusan perut doank.
Ma kasi bang aji Riduan, saye tunggu terus SMS-SMS nye….(matharmoehammadkamal/Juli 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar